Rabu, 19 Mei 2010

Zakat Tanah

Pertanyaan:

Saya memiliki sepetak tanah yang tidak saya pergunakan dan sengaja saya biarkan untuk digunakan bila ada keperluan mendadak. Apakah saya wajib mengeluarkan zakat tanah itu? Jika wajib apakah saya harus menetapkan harga tanah itu setiap genap satu haul?

Fatwa syaikh Ibnu Jibrin:

Anda tidak berkewajiban membayar zakat atas tanah tersebut, sebab yang wajib dibayarkan zakatnya adalah harganya apabila dipersiapkan untuk diperjualbelikan. Tanah, bangunan, mobil, permadaani dan sejenisnya, tidak termasuk barang yang wajib dikeluarkan zakatnya kecuali jika barang-barang tersebut dipersiapkan untuk diperdagangkan, maka wajib dikeluarkan zakatnya dari nilai harganya. Apabila tidak dipersiapkan untuk perniagaan sebagaimana yang anda sebutkan dalam pertanyaan diatas, tidaklah wajib dikeluarkan zakatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar